← Back to portfolio

Yang Kayak Kamu Cuma Kamu

Published on

Katanya "Girls Like You." Gak ada "girls like her" apalagi "girls like him". Maksudnya gimana sih?

Buat cewek-cewek nih yang sering banget insecure. Apalagi kalo jatuh cinta, ujung-ujungnya ngerasa gak pantes buat 'dia' karena katanya, "aku gak kayak cewek-cewek lain yang begini dan begitu.." 

Kenapa sih?

Sebagai sesama cewek, pasti sering banget yang namanya ngebandingin diri sendiri sama cewek lain. Kok dia lebih begini, kok dia lebih begitu. Cewek juga sering banget dapet kritikan soal penampilannya, makanya apa-apa jadi insecure. Karena penampilannya selalu gak masuk di standar cantik 'pada umumnya' atau 'yang orang bilang'. 

Mungkin karena banyak orang yang meng'kotak'kan cantik itu begini dan begitu, yang putih, tinggi, langsing, atau pendek, chubby, imut, atau rambutnya panjang, dadanya besar, dll. Sampe akhirnya banyak produk-produk yang diciptain untuk mengubah fisik. Kalo mau modal lagi, bahkan sampe oplas (operasi plastik). Bukannya gak setuju sama oplas kok, tapi yang saya tau, oplas tujuannya buat ngebenerin bagian tubuh yang rusak atau terlahir rusak, sampe menyusahkan kegiatan sehari-hari kamu. Kalo gak kenapa-kenapa ya gak harus oplas kan?

Banyak banget cewek yang insecure sama dirinya sendiri, kalo lagi ngaca bahkan sampe ngehujat dirinya sendiri, karena dia gak termasuk kriteria 'cantik'. Bahkan parahnya, sampe ada yang ngelakuin segala hal supaya dirinya bisa diterima di masyarakat melalui 'cantiknya' penampilannya. Ini yang gak baik. Apalagi kalo sampe ngelukain diri sendiri, aduhh jangan deh!!. 

Banyak juga orang-orang yang ngeliat cewek yang beda dikit dari umumnya, langsung diliatin sinis, dighibahin, diejek, bahkan dilecehkan. Ini sering banget loh terjadi..

Padahal sebenernya tiap-tiap manusia tuh terlahir dengan uniknya masing-masing. Dan pada dasarnya semua ciptaan Tuhan itu indah. Terus kenapa cantik atau ganteng itu harus di'kotakkin'? Pokoknya kalo gak masuk kriteria, gak pantes diterima gitu?

Terus kita gak boleh dong mempercantik diri sendiri? Boleh, harus malah. Itu salah satu cara kamu bersyukur atas apa yang Tuhan kasih dalam diri kamu. Kamu jaga dan kamu rawat, supaya jangan sampe rusak. Bukannya Tuhan juga menyukai keindahan?

Tapi bukan berarti 'mengubah' itu diperbolehkan. Ada beberapa hal yang emang literally "gak boleh" diubah kan dalam agama? Nah, mempercantik di sini maksudnya ya menjaga dan merawat diri kamu. 

Gakpapa kamu belom jago dandan kayak selebgram, gakpapa kamu masih belajar mandiri dan sedikit-sedikit minta tolong orang tua, gakpapa juga kalo kamu masih belajar melakukan hal-hal yang harusnya kamu udah bisa lakukan. 

Gakpapa kamu belom kurus kayak model terkenal, belom berisi sampe dibilang 'body goals', belom langsing kayak boneka barbie, belom putih juga kayak artis Korea. Gak harus kayak mereka juga gakpapa kok! Gak masalah!

Gakpapa juga kalo kamu gak ikutan hypebeast, gakpapa kamu gak punya barang branded, gakpapa kalo kamu bukan selebgram di medsos-mu, gakpapa juga kalo rumahmu gak sebesar rumah temen-temenmu. 

Makanya dibilang, "Girls Like YOU." Yaudah jadi seperti kamu aja. Cantiknya kayak kamu. hebatnya kayak kamu, pokoknya yang terbaiknya juga kayak kamu. - 

Girls Like YOU
Ilustration by Aurelia Fauzia

0 Comments Add a Comment?

Add a comment
You can use markdown for links, quotes, bold, italics and lists. View a guide to Markdown
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply. You will need to verify your email to approve this comment. All comments are subject to moderation.

Subscribe to get sent a digest of new articles by Aurelia Fauzia

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.